Tampang

Kuliner Khas Bali yang Rasanya Lezat dan Menggugah Selera

12 Mar 2020 14:46 wib. 2.414
0 0
Kuliner Khas Bali yang Rasanya Lezat dan Menggugah Selera

Adalah makanan khas Bali yang berupa campuran daging cincang dengan sayuran yang diberi bumbu khusus. Bumbu-bumbu yang digunakan seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih. Yang membuat khas dari lawar ini campuran kelapa parut yang menambah cita rasa gurih. Kuliner ini banyak disajikan oleh masyarakat Bali sebagai menu rumah sehari-hari dan sebagai alternatif dalam menikmati sayuran tetapi dicampur dengan daging.

  • Tipat Blayag

Merupakan makanan khas Bali yang serupa seperti pecel dan gado-gado tetapi tidak menggunakan bumbu kacang sebagai kuahnya. Bumbu tipat blayag ini menggunakan bumbu seperti bawang merah, kunyit, serai dan kaldu ayam untuk kuahnya serta berbagai macam sayuran sebagai isiannya seperti kangkung, tauge dan suwiran ayam. Disajikan bersama ketupat atau lontong sebagai bahan pelengkap lainnya.

  • Sate Kakul

Olahan sate ini lain dari biasanya, sate kakul memang cukup khas karena menggunakan daging kakul atau siput. Bumbu sate kakul ini mirip dengan sate lainnya yaitu menggunakan kecap manis, bawang merah, serai dan tomat.Biasanya sate kakul ini disantap dengan menu lainnya seperti gulai, ayam betutu dan dengan nasi atau ketupat.

  • Babi Guling

Pastinya sudah mendengar makanan tradisional khas Bali yang ini. Terbuat dari anak babi yang perutnya diisi dengan bumbu dan sayuran seperti daun ketela pohon kemudian dipanggang sambil diputar-putar sampai matang. Pada awalnya babi guling ini digunakan sebagai sajian upacara adat atau keagamaan. tetapi kini dapat ditemukan di berbagai rumah makan, warung dan bahkan hotel-hotel di Bali.

  • Rujak Kuah Pindang

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?