Tampang

Ayam Betutu Bali Kuliner Pedas dan Harum dari Pulau Dewata

18 Jul 2024 15:09 wib. 142
0 0
Ayam Betutu
Sumber foto: Google

Ayam Betutu adalah salah satu kuliner khas Bali yang telah terkenal hingga mancanegara. Hidangan ini menawarkan perpaduan rasa pedas dan harum yang menggugah selera, menjadikannya salah satu ikon kuliner dari Pulau Dewata yang patut dicoba. Proses memasak yang unik dan bumbu rempah yang kaya membuat Ayam Betutu memiliki cita rasa yang khas dan sulit dilupakan.

Sejarah dan Asal Usul Ayam Betutu

Ayam Betutu berasal dari Bali, sebuah pulau yang dikenal dengan budaya dan tradisi yang kaya. Hidangan ini awalnya disajikan dalam upacara adat dan acara penting seperti pernikahan, upacara keagamaan, dan perayaan lainnya. Nama "Betutu" sendiri merujuk pada cara memasak daging dengan dibungkus daun pisang dan dipanggang perlahan-lahan hingga empuk. Tradisi ini diwariskan dari generasi ke generasi, menjaga keaslian rasa dan cara penyajiannya.

Bahan dan Bumbu Ayam Betutu

Keunikan Ayam Betutu terletak pada bumbu rempah yang digunakan. Bumbu-bumbu tersebut antara lain bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, jahe, lengkuas, kemiri, terasi, dan daun jeruk. Semua bahan ini dihaluskan dan diaduk menjadi satu, kemudian dilumurkan pada ayam yang telah dibersihkan. Setelah itu, ayam dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang atau dikukus hingga matang sempurna.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Rahasia Orang Sukses Mengatur Keuangan
0 Suka, 0 Komentar, 16 Apr 2018

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?