Tampang

Waspada! Hati-Hati dengan Bahaya Asap Rokok

12 Jun 2024 10:30 wib. 30
0 0
Bahaya Asap Rokok
Sumber foto: blogs.insanmedika.co.id

Asap rokok telah lama dikenal sebagai salah satu bahaya terbesar bagi kesehatan manusia. Ribuan zat kimia berbahaya terkandung dalam asap rokok yang dapat menimbulkan dampak negatif pada tubuh manusia. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang asap rokok, bahaya rokok, dan resiko berbahaya yang terkandung di dalamnya.

Asap rokok mengandung lebih dari 7000 zat kimia, di antaranya, setidaknya 69 zat yang diketahui dapat menyebabkan kanker. Zat-zat berbahaya seperti nikotin, tar, karbon monoksida, formaldehida, dan banyak zat lainnya dapat merusak organ tubuh kita secara langsung maupun tidak langsung. Zat-zat kimia ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan dan mengendap di paru-paru, menyebabkan berbagai penyakit serius seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, stroke, dan berbagai penyakit pernapasan lainnya.

Ketika seseorang merokok, bukan hanya dirinya sendiri yang terkena dampak buruk dari asap rokok. Asap rokok juga berdampak negatif bagi orang-orang di sekitarnya, seperti keluarga, teman, dan orang lain yang berada di sekitar perokok pasif. Bahkan, asap rokok dapat meningkatkan risiko terkena serangan jantung baik pada perokok aktif maupun pasif.

Selain risiko kesehatan, asap rokok juga memiliki dampak negatif terhadap lingkungan. Sampah rokok yang dibuang sembarangan dapat mencemari lingkungan, terutama air dan tanah. Filter rokok yang terbuang ke lingkungan juga dapat menjadi ancaman bagi hewan dan organisme lain yang terkontaminasi olehnya.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%