Tampang

Virus Baru mirip Demam Berdarah: Oropouche Muncul di Brasil

31 Jul 2024 18:56 wib. 120
0 0
Virus Baru mirip Demam Berdarah: Oropouche Muncul di Brasil
Sumber foto: iStock

Belum lama ini, muncul kejutan di dunia kesehatan dengan merebaknya virus yang memiliki kesamaan dengan demam berdarah, yaitu virus Oropouche. Bahkan telah dilaporkan dua kasus kematian di negara Brasil yang dikaitkan dengan virus ini. Menurut Kementerian Kesehatan Brasil, dua wanita di bawah usia 30 tahun dari negara bagian Bahia telah meninggal karena gejala yang mirip dengan kasus demam berdarah parah.

Saat ini, Brasil telah mencatat 7.236 kasus Oropouche, dengan jumlah kasus terbanyak berada di negara bagian Amazonas dan Rondonia. Hal ini menyoroti urgensi untuk memahami virus ini secara mendalam dan mengambil tindakan pencegahan yang efektif.

Dalam rangka memahami virus Oropouche, berikut adalah fakta-fakta terkait yang diambil dari laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat:

1. Gejala Virus Oropouche

CDC mencatat bahwa gejala yang ditimbulkan oleh virus Oropouche serupa dengan penyakit-penyakit seperti demam berdarah, chikungunya, Zika, dan malaria. Gejala umum yang dialami penderita Oropouche antara lain demam mendadak, sakit kepala parah, menggigil, nyeri otot, dan nyeri sendi. Gejala lainnya termasuk kepekaan pada cahaya, pusing, nyeri di belakang mata, mual, muntah, dan ruam.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?