Tampang

Virus Baru mirip Demam Berdarah: Oropouche Muncul di Brasil

31 Jul 2024 18:56 wib. 123
0 0
Virus Baru mirip Demam Berdarah: Oropouche Muncul di Brasil
Sumber foto: iStock

Gejala tersebut biasanya akan berlangsung selama 2-7 hari, dan kadang-kadang muncul kembali setelah beberapa hari atau berminggu-minggu kemudian. Meskipun kebanyakan penderita pulih setelah beberapa hari hingga satu bulan, beberapa kasus dapat berkembang menjadi penyakit yang lebih serius seperti meningitis, radang otak, atau pendarahan. Lebih lanjut, CDC juga mencatat beberapa kasus di Brasil menunjukkan adanya penularan virus ini dari ibu hamil kepada janinnya, meskipun dampaknya pada janin masih perlu lebih dipelajari.

2. Penyebab dan Pencegahan Virus Oropouche

Virus Oropouche menyebar pada manusia melalui gigitan nyamuk penggigit yang terinfeksi, khususnya oleh spesies nyamuk Culicoides paraensis. Untuk meminimalkan risiko tertular virus ini, penting untuk mencegah gigitan nyamuk dengan cara menggunakan kelambu saat tidur, mengenakan pakaian menutupi anggota tubuh, dan menggunakan obat anti-nyamuk yang efektif.

3. Pengobatan Jika Terkena Virus Oropouche

Hingga saat ini, belum terdapat obat khusus yang dapat menyembuhkan infeksi virus Oropouche. Namun, gejalanya dapat diatasi dengan beberapa cara seperti istirahat yang cukup, minum cairan untuk mencegah dehidrasi, dan mengonsumsi obat pereda nyeri untuk mengurangi gejala demam. Pada kasus yang lebih parah, penderita mungkin memerlukan perawatan medis atau rawat inap.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Game Survival Terbaik yang Harus Kamu Coba
0 Suka, 0 Komentar, 14 Jul 2024
Pak Paloh dan Ketua Umum PKB Tidak Ada
0 Suka, 0 Komentar, 11 Apr 2024

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?