Tampang

Terungkap Harapan Obat untuk Progeria

29 Mar 2018 01:11 wib. 1.377
0 0
Terungkap Harapan Obat untuk Progeria

Obat-obatan yang menghambat pertumbuhan enzim tertentu ternyata berguna untuk mengobati penyakit progeria atau penyakit langka yang banyak menyerang anak-anak. Orang yang mengidap penyakit tersebut ditandai dengan tanda-tanda penuaan pada tahun-tahun awal hidup seseorang.

Anak-anak yang menderita penyakit ini akan terlihat seperti orangtua akibat proses penuaan yang 8 hingga 10 kali lebih cepat dari umumnya. Dari hasil penelitian terbaru di Sahlgrenska Academy, Swedia, diketahui perkembangan penyakit progeria pada tikus terhambat dengan cara mengurangi produksi enzim tertentu yang disebut enzim ICMT.

Dikutip dari laman Science Daily, "Penelitian ini merupakan terobosan kami setelah selama bertahun-tahun bekerja. Ketika produksi enzim tersebut berkurang pada tikus, semua perkembangan gejala klinis penyakit progeria pun berkurang atau bahkan terhambat. Kami juga mempelajari sel kultur anak-anak yang mengidap progeria, dan kami melihat ketika produksi enzim itu dihambat, pertumbuhan sel tersebut meningkat seperti yang terjadi pada sel-sel tikus," kata Martin Bergo, dosen di Sahlgrenska Academy, University of Gothenburg dan direktur riset di Sahlgrenska Cancer Center.

Penyakit progeria itu untuk pertama kalinya diungkapkan oleh Jonathan Hutchinson serta Hastings Gilford. Pengidap progeria cenderung mengalami kehidupan amat singkat, biasanya cuma 13 tahun. Tetapi, ada pula yang tetap bertahan hidup sampai usia 20 tahun, malah 40 tahun, namun kejadian ini pengecualian.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%