Tampang

Studi Ungkapkan Kemiskinan Bikin Otak Cepat Tua dan Tingkatkan Resiko Demensia

24 Apr 2024 04:34 wib. 34
0 0
Studi Ungkapkan Kemiskinan Bikin Otak Cepat Tua dan Tingkatkan Resiko Demensia
Sumber foto: Google

Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan oleh Journal of Neuroscience menunjukkan bahwa kemiskinan ternyata bisa membuat otak menua lebih cepat dan meningkatkan risiko demensia. Jurnal tersebut menganalisis 751 individu dengan rentang usia 50 hingga 91 tahun, dan hasilnya mengejutkan. Kelompok yang berasal dari rumah tangga miskin menunjukkan banyak tanda penuaan otak, yang dapat berpotensi mengakibatkan peningkatan resiko demensia.

Penelitian ini memberikan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana kemiskinan dapat berdampak tidak hanya pada kondisi fisik seseorang, tetapi juga pada kesehatan otak dan risiko terkena demensia di kemudian hari. Selain itu, temuan ini juga menyoroti urgensi untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya upaya pencegahan dan perlindungan terhadap kelompok masyarakat yang rentan terkena dampak kemiskinan.

Penelitian ini memeriksa berbagai faktor terkait kemiskinan dan penuaan otak, termasuk pendapatan keluarga, status pekerjaan, pendidikan, serta akses terhadap layanan kesehatan. Hasilnya menunjukkan bahwa lingkungan yang terkait dengan kemiskinan dapat memberikan tekanan dan stres tambahan pada otak, yang pada gilirannya dapat mempercepat penuaan otak dan meningkatkan risiko terjadinya demensia.

Dalam penelitian ini, para partisipan dianalisis menggunakan berbagai tes kognitif dan pemindaian otak untuk mengukur penuaan otak dan kemungkinan adanya tanda-tanda demensia. Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok yang berasal dari rumah tangga miskin menunjukkan penuaan otak yang lebih cepat, terutama dalam daerah otak yang terkait dengan fungsi kognitif, seperti memori dan pemrosesan informasi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?