Tampang

Rahasia Tersembunyi di Balik Kebiasaan Menggosok Gigi dengan Tangan Kiri

30 Mei 2024 16:02 wib. 172
0 0
Menggosok Gigi
Sumber foto: canva.com

Efek kesehatan dari kebiasaan ini pun tidak hanya berkaitan dengan keyakinan budaya semata. Secara ilmiah, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan tangan kiri dalam menggosok gigi dapat memberikan efek yang positif. Metode ini dapat membantu dalam membersihkan sisa makanan dan plak dengan lebih efektif sehingga dapat mencegah terjadinya masalah kesehatan mulut, seperti gigi berlubang atau penyakit gusi.

Kebiasaan menggosok gigi dengan tangan kiri juga diyakini dapat melibatkan otak kiri yang berperan dalam pemrosesan informasi dan koordinasi gerakan. Hal ini pun dapat memberikan stimulasi yang bermanfaat bagi otak, sehingga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa menggunakan tangan yang non-dominan dalam melakukan aktivitas tertentu dapat memperkuat koneksi antara otak kiri dan otak kanan, yang pada akhirnya dapat berdampak positif bagi kesehatan otak serta kognitif seseorang.

Terdapat banyak sekali rahasia tersembunyi di balik kebiasaan menggosok gigi dengan tangan kiri. Mulai dari keyakinan budaya hingga efek kesehatan secara ilmiah, kebiasaan ini ternyata tidak bisa dianggap enteng. Tentu saja, dalam prakteknya, kebiasaan ini mungkin terasa asing bagi sebagian orang. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba dan menjalankan kebiasaan ini sebagai upaya untuk mencapai kesehatan mulut yang lebih baik.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Elon Musk
0 Suka, 0 Komentar, 5 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.