Tampang

Poltekesos Bandung Siap Menjadi Pusat Pendidikan Tenaga Ahli untuk Mengatasi Masalah Sosial di Indonesia

8 Apr 2024 04:14 wib. 53
0 0
Poltekesos Bandung Siap Menjadi Pusat Pendidikan Tenaga Ahli untuk Mengatasi Masalah Sosial di Indonesia
Sumber foto: edukasi.sindonews.com

Politeknik Kesehatan Sosial (Poltekesos) Bandung memegang peran penting dalam upaya menghasilkan tenaga ahli yang mampu menangani berbagai masalah sosial yang masih menghantui Indonesia. Meskipun telah mencapai kemajuan dalam berbagai sektor, Indonesia masih dihadapkan pada berbagai persoalan sosial yang mengkhawatirkan.

Berdasarkan data dari beberapa sumber kementerian dan lembaga non-kementerian, terdapat fakta menyedihkan bahwa terdapat 8 juta pengguna aktif narkotika dan zat adiktif di Indonesia. Lebih dari 15,5 juta keluarga tergolong miskin, 3,2 juta rumah tidak layak huni, dan 134 kabupaten serta kota yang rawan konflik sosial. Tidak hanya itu, sekitar 70.026 pekerja migran bermasalah pernah mendapat layanan, sementara 200 tindak kasus korban tindak pidana perdagangan orang juga tercatat. Bahkan pada tahun 2023, terdapat 11.624 laporan tindak kekerasan yang terjadi.

Survei pada tahun 2021 juga mengungkap fakta yang cukup mencengangkan. Data menunjukkan bahwa 4 dari 10 anak perempuan dan 3 dari 10 anak laki-laki pernah mengalami tindak kekerasan sepanjang hidupnya, baik kekerasan fisik, emosi, maupun seksual. Fakta ini mencerminkan bahwa masalah sosial di Indonesia masih memerlukan perhatian serius dalam upaya penanganannya.

Poltekesos Bandung muncul sebagai harapan dalam menghadapi persoalan-persoalan kompleks ini. Lewat pendidikan dan pelatihan yang menyeluruh, mereka siap untuk mencetak tenaga ahli yang mampu memberikan solusi konkret terhadap berbagai masalah sosial yang dihadapi oleh masyarakat. Dengan kemandirian dan kepekaan terhadap realitas sosial di lapangan, Poltekesos Bandung bertekad untuk menghasilkan lulusan-lulusan yang tidak hanya memiliki kecakapan teknis, tetapi juga memiliki kepekaan sosial yang tinggi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

BI Bebaskan Uang Muka Kredit Rumah
0 Suka, 0 Komentar, 29 Jun 2018
Pernah Mogok Dijalan Pake Bus Wisata ???
0 Suka, 0 Komentar, 7 Okt 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?