Tampang

Menkes: Dokter Asing Dipermudah Masuk RI Bukan Saingan Lokal!

4 Jul 2024 19:09 wib. 156
0 0
Menkes: Dokter Asing Dipermudah Masuk RI Bukan Saingan Lokal!
Sumber foto: tvonenews.com

Budi menegaskan bahwa penambahan jumlah tenaga medis di Indonesia melalui kedatangan para dokter asing dapat berpotensi menurunkan jumlah kasus kematian akibat penyakit jantung menjadi sekitar 150 ribu. Para dokter asing diharapkan dapat memberikan pertolongan medis dengan cepat kepada pasien, sehingga dapat mengurangi tingkat kematian yang disebabkan oleh penyakit-penyakit tersebut.

"Perdebatan mengenai tenaga medis asing dan lokal bukanlah soal persaingan, tetapi soal menyelamatkan nyawa 300 ribu orang Indonesia yang terkena stroke, 250 ribu kematian akibat serangan jantung, dan enam ribu bayi yang kemungkinan besar meninggal setiap tahun," tegas Budi.

Menkes sebelumnya mengungkapkan bahwa pihaknya menargetkan layanan kateterisasi jantung dapat dilakukan di 514 kabupaten/kota di Indonesia. Layanan ini dianggap krusial bagi penderita serangan jantung, yang jika ditangani dengan cepat dalam waktu kurang dari 4,5 jam, dapat meningkatkan tingkat keselamatan pasien. Namun, salah satu tantangan yang dihadapi Indonesia adalah kurangnya jumlah dokter spesialis dan sub-spesialis. Meskipun pemerintah menyediakan peralatan kesehatan yang canggih, namun kurangnya sumber daya manusia yang mampu mengoperasikannya menjadi hambatan tersendiri.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Masihkah Mau Minum Sambil Berdiri?
0 Suka, 0 Komentar, 5 Agu 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.