Tampang

Mengenal Anemia Aplastik: Kondisi Langka Ketika Tubuh Tak Mampu Memproduksi Sel Darah

12 Apr 2024 20:46 wib. 1.671
0 0
Mengenal Anemia Aplastik: Kondisi Langka Ketika Tubuh Tak Mampu Memproduksi Sel Darah
Sumber foto: google

Anemia aplastik adalah kondisi langka di mana tubuh tidak mampu memproduksi sel darah yang mencukupi. Kondisi ini terjadi ketika sumsum tulang tidak mampu memproduksi sel darah merah, sel darah putih, dan platelet yang cukup untuk tubuh. Sebagai kondisi langka, anemia aplastik dapat menyebabkan dampak yang serius pada kesehatan seseorang.

Proses produksi sel darah dalam tubuh adalah suatu hal yang sangat kompleks. Sumsum tulang merupakan tempat di mana sel darah diproduksi. Ketika sumsum tulang mengalami gangguan atau kerusakan, maka proses produksi sel darah akan terganggu, hal ini yang kemudian menyebabkan anemia aplastik.

Gejala anemia aplastik bisa bervariasi, namun umumnya termasuk kelelahan yang berat, pucat, mudah memar atau berdarah, infeksi, serta pendarahan yang sulit dihentikan. Kondisi ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit serius lainnya karena tubuh kehilangan kemampuan untuk melawan infeksi dan menghentikan pendarahan.

Anemia aplastik diklasifikasikan sebagai kondisi langka karena kejadian yang jarang terjadi. Meskipun begitu, penyebab kondisi ini masih belum sepenuhnya dipahami. Faktor risiko untuk menderita anemia aplastik termasuk paparan zat kimia, infeksi virus, dan kondisi genetik. Dalam beberapa kasus, anemia aplastik juga terjadi tanpa penyebab yang jelas, hal ini dinamakan sebagai anemia aplastik idiopatik.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?