Tampang

Orang Pertama Penerima Transplantasi Ginjal Babi Meninggal Dunia

20 Mei 2024 20:08 wib. 62
0 0
Orang Pertama Penerima Transplantasi Ginjal Babi Meninggal Dunia
Sumber foto: google

Transplantasi organ telah menjadi satu-satunya harapan bagi ribuan orang yang menderita gagal ginjal. Namun, pada bulan lalu, dunia kembali dikejutkan dengan berita tragis tentang orang pertama yang menerima transplantasi ginjal babi dan meninggal dunia kurang lebih selama dua bulan setelah operasi. Kejadian ini mengundang berbagai pertanyaan dan komentar dari berbagai kalangan terkait risiko dan etika dalam penggunaan organ hewan untuk transplantasi manusia.

Penerima transplantasi ini, yang identitasnya belum diungkapkan, merupakan salah satu dari sedikit orang yang masuk dalam percobaan klinis untuk mentransplantasi ginjal babi ke manusia. Tindakan medis ekstrem ini dianggap sebagai solusi terakhir bagi pasien yang sudah kehilangan harapan dan tidak cocok dengan donor manusia. Meskipun operasi ini menimbulkan kontroversi etis, para dokter yang terlibat percaya bahwa ini adalah langkah terbaik untuk menyelamatkan nyawa penerima transplantasi.

Prosedur transplantasi ginjal babi ini sendiri telah menjadi topik hangat dalam dunia medis. Ginjal babi dianggap sebagai organ yang potensial karena strukturnya yang mirip dengan ginjal manusia, sehingga risiko penolakan oleh tubuh penerima transplantasi pun lebih rendah. Namun demikian, keberhasilan transplantasi organ interspesies ini masih sangat diragukan, dan kasus kematian penerima transplantasi pertama ini menjadi bukti nyata akan tantangan besar dalam mengimplementasikan teknologi ini.

Belum diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan kematian penerima transplantasi tersebut, namun banyak pihak menyebutkan bahwa infeksi dan respon imun terhadap organ babi adalah faktor yang mungkin berkontribusi dalam kejadian tragis ini. Selain itu, kesulitan dalam menyesuaikan dosis obat imunosupresif juga menjadi permasalahan yang mempengaruhi proses penyembuhan penerima transplantasi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Yuk Kenali Faktor dan Gejala Panu
0 Suka, 0 Komentar, 21 Mar 2018
Kecil Namun Berarti
0 Suka, 0 Komentar, 22 Feb 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%