Tampang

Mengenal Ambliopia pada Anak-anak: Penyebab, Dampak, dan Pencegahan

11 Okt 2024 05:25 wib. 76
0 0
Mengenal Ambliopia pada Anak-anak: Penyebab, Dampak, dan Pencegahan
Sumber foto: iStock

Dokter Spesialis Mata RS Mata Cicendo Dr. dr. Feti Karfiati Memed, SpM(K), MKes menjelaskan, ambliopia atau mata malas adalah penurunan perkembangan penglihatan yang terjadi ketika otak tidak menerima rangsangan normal dari mata. Kondisi ini menjadi bagian dari penyebab hilangnya penglihatan, terutama jika tidak ditangani sejak dini. 

Menurut dr. Feti, ambliopia umumnya menyerang anak-anak, dan jika tidak diterapi pada masa anak-anak, hal ini akan mengakibatkan kebutaan secara permanen. Bahkan, ambliopia yang tidak diobati dengan baik pada masa anak-anak dapat menjadi penyebab hilangnya penglihatan pada orang dewasa usia 20 hingga 70 tahun.

Penyebab utama ambliopia adalah kelainan refraksi yang tidak terkoreksi, strabismus atau mata juling, serta kelainan di dalam mata seperti katarak. Hal ini menekankan pentingnya pemeriksaan penglihatan pada usia dini untuk mendeteksi potensi ambliopia secepat mungkin. Namun, seringkali pemeriksaan penglihatan pada usia sekolah terlambat, sehingga ambliopia mulai sulit disembuhkan setelah usia 5 tahun, dan kehilangan penglihatan permanen dapat terjadi jika terapi dilakukan setelah usia 8 hingga 10 tahun.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.