Tampang

Mengatasi Gangguan Tidur pada Remaja: Tips Mendapatkan Tidur yang Berkualitas

31 Jul 2024 13:17 wib. 112
0 0
Mengatasi Gangguan Tidur pada Remaja: Tips Mendapatkan Tidur yang Berkualitas
Sumber foto: google

 4. Hindari Konsumsi Kafein dan Makanan Berat Sebelum Tidur

Kafein adalah stimulan yang bisa membuat sulit tidur jika dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur. Remaja sebaiknya menghindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda pada sore dan malam hari. Selain itu, makan makanan berat atau berlemak sebelum tidur juga bisa mengganggu tidur karena tubuh masih bekerja keras untuk mencernanya.

 5. Lakukan Relaksasi Sebelum Tidur

Latihan relaksasi seperti pernapasan dalam, meditasi, atau yoga bisa membantu menenangkan pikiran dan tubuh sebelum tidur. Remaja bisa mencoba teknik-teknik ini untuk merilekskan diri dan mempersiapkan tubuh untuk tidur. Mendengarkan musik yang menenangkan atau suara alam juga bisa membantu menciptakan suasana yang kondusif untuk tidur.

 6. Tetap Aktif Secara Fisik

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Remaja sebaiknya melakukan olahraga atau aktivitas fisik setidaknya 30 menit setiap hari. Namun, mereka harus menghindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur karena hal ini bisa meningkatkan energi dan membuat sulit tidur.

 7. Kelola Stres dan Kecemasan

Stres dan kecemasan adalah penyebab umum gangguan tidur pada remaja. Mengelola stres melalui teknik-teknik manajemen stres seperti menulis jurnal, berbicara dengan teman atau keluarga, atau melakukan hobi yang menyenangkan bisa membantu mengurangi kecemasan dan mempersiapkan pikiran untuk tidur.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.