Tampang

Manfaat Kopi dalam Mengurangi Risiko Batu Ginjal Menurut Penelitian

23 Jun 2024 08:56 wib. 236
0 0
Manfaat Kopi dalam Mengurangi Risiko Batu Ginjal Menurut Penelitian
Sumber foto: google

Kandungan di dalam kopi dikaitkan dengan kondisi ginjal, khususnya gangguan batu ginjal. Ada golongan yang percaya kopi bisa memicu terbentuknya batu ginjal. Namun, penelitian terbaru menyatakan, kopi justru dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit berbahaya, salah satunya penyakit ginjal. Manfaat tersebut dijelaskan dalam penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi kafein dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal, dilansir dari Healthline.

Batu ginjal merupakan endapan keras yang terbuat dari produk limbah dalam urine yang belum terbuang dengan baik. Terdapat anggapan bahwa minum kopi dapat menyebabkan dehidrasi sehingga meningkatkan risiko batu ginjal karena kopi memiliki sifat diuretik yang membuat tubuh lebih sering buang air kecil. Namun, penelitian menyatakan fakta sebaliknya. Penggunaan kafein justru dapat mencegah batu ginjal.

Menurut sebuah studi tahun 2021 di National Kidney Foundation, kafein bersifat protektif dan dapat menurunkan risiko batu ginjal. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa seseorang yang minum 1 hingga 1,5 cangkir sehari dapat mengurangi kemungkinan terjadinya batu ginjal hingga 40 persen. Studi lain menunjukkan bahwa mereka yang minum kopi atau teh lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan batu ginjal daripada mereka yang tidak minum cairan berkafein. Hal ini terjadi karena air terbukti meningkatkan aliran urine yang melindungi terhadap batu ginjal.

Sebuah tinjauan sistematis dan meta-analisis yang diterbitkan pada tahun 2022 juga menemukan bahwa asupan kafein yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan risiko batu ginjal yang lebih rendah. Studi lain yang diterbitkan pada 2022 menyimpulkan, orang yang minum kopi 1-2 cangkir setiap hari memiliki risiko cedera ginjal 15 persen lebih rendah, sementara mereka yang minum 2-3 cangkir kopi setiap hari memiliki risiko cedera yang 22-23 persen lebih rendah, dilansir dari Verywell Health (24/1/2024).

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Dagumu adalah Kepribadianmu
0 Suka, 0 Komentar, 21 Agu 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.