Tampang

Ketahui Periode Emas untuk Kesembuhan Stroke Anda

25 Apr 2018 13:36 wib. 1.810
0 0
Ketahui Periode Emas untuk Kesembuhan Stroke Anda

Kesembuhan bukan menjadi hal yang tidak mungkin bila penderita segera ditangani dengan trombolitik. Trombolitik masih bisa dilakukan ketika penderita datang dalam periode waktu 4,5-6 jam setelah serangan terjadi. Secara teknis, trombolitik disebut intraarteri karena memang harus dimasukkan melalui pembuluh darah arteri dan dilakukan di ruangan khusus (cath lab).

Penyembuhan optimal masih bisa diupayakan ketika penderita stroke datang ke rumah sakit pada periode 6-12 jam setelah serangan stroke. Tindakan yang akan dilakukan untuk pasien tersebut dinamakan trombektomi.

Trombektomi memakai alat khusus berupa stent retriever. Stent dimasukkan ke dalam pembuluh darah yang tersumbat, menembus sumbatan, lalu stent ditarik keluar bersama sumbatan. Sumbatan itu adalah campuran bekuan darah dan lemak. Tindakan ini juga dikerjakan di ruangan cath lab. Stent retriever sudah ada di Indonesia, tetapi harganya relatif mahal.

Tahapan pengobatan stroke berdasarkan waktu kedatangan penderita ke rumah sakit itu memang berkaitan juga dengan biaya pengobatannya. Penanganan trombolitik intravena lebih rendah biayanya dibandingan dengan intraarteri dan trombektomi membutuhkan biaya yang lebih besar lagi.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?