Tampang

Kapan Bunda Harus Menghubungi Dokter tentang Keterlambatan Berbicara Anak

14 Apr 2024 20:52 wib. 84
0 0
Perkembangan Anak
Sumber foto: honeykidsasia.com

Keterlambatan dalam kemampuan bicara anak bisa menjadi gejala dari berbagai kondisi, mulai dari gangguan pendengaran, gangguan perkembangan, hingga masalah neurologis. Jika anak tidak menunjukkan kemajuan dalam berbicara meskipun usianya telah mencapai 18 bulan, maka Bunda sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter. Jika anak memiliki masalah pendengaran atau gangguan lainnya, penanganan yang cepat akan membantu anak untuk memberikan perhatian sesegera mungkin.

Tanda-tanda Perlu Menghubungi Dokter

Terdapat beberapa tanda yang perlu diperhatikan sebagai indikator bahwa Bunda perlu segera menghubungi dokter terkait perkembangan bicara anak. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Tidak Mampu Mengucapkan Kata Pertama - Jika usia anak sudah mencapai 18 bulan hingga 2 tahun, namun belum mampu mengucapkan kata pertamanya.
  2. Tidak Mampu Mengikuti Instruksi Sederhana - Jika anak sulit atau tidak mampu mengikuti instruksi sederhana seperti "ambil bola" atau "datang padaku."
  3. Keterlambatan Perkembangan dalam Berbicara - Jika anak tidak memiliki perkembangan yang signifikan dalam kemampuan bicara selama 6 bulan terakhir.

Peran Dokter dalam Penyembuhan

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?