Tampang

Jenis Katarak dan Beberapa Jenis Operasi Untuk Mengatasinya

7 Sep 2023 10:30 wib. 1.962
0 0
Jenis Katarak dan Beberapa Jenis Operasi Untuk Mengatasinya

Mayoritas kasus katarak ini berhubungan dengan faktor genetik. Namun pada kasus lain, katarak juga bisa diakibatkan oleh kondisi atau penyakit tertentu selama masa kehamilan, seperti penyakit rubella atau kondisi galaktosemia pada bayi.

  • Katarak kortikal

Pada jenis katarak ini, penderita diabetes memiliki risiko lebih besar untuk terkena katarak kortikal. Katarak kortikal membentuk area putih seperti jari-jari roda yang mengelilingi lensa yang terjadi pada area korteks atau bagian tepi luar lensa, hingga menyebabkan cahaya yang masuk ke mata menjadi tersebar dan penderitanya akan sering merasa silau atau penglihatan yang menjadi lebih kabur. Pengidap katarak jenis kortikal ini umumnya akan mengalami kesulitan dalam penglihatannya saat mengemudi di malam hari, membedakan warna serta melihat objek yang jauh.

  • Katarak subcapsular

Katarak subcapsular merupakan jenis katarak yang cenderung lebih cepat perkembangannya bila dibandingkan dengan jenis katarak lainnya. Penderita katarak subcapsular ini biasanya akan terganggu pada penglihatan jarak dekatnya (terutama ketika membaca) dan mengalami kesulitan untuk melihat pada cahaya yang terang.

Katarak subcapsular terbagi menjadi 2 jenis, yaitu katarak subcapsular posterior yang terbentuk di area belakang lensa atau tepat di jalur cahaya ketika melewati lensa yang umumnya disebabkan oleh penyakit diabetes, dan katarak subcapsular anterior yang terletak di depan lensa yang umumnya diakibatkan oleh cedera.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

BNN Temukan Boneka Isi Ganja
0 Suka, 0 Komentar, 4 Jun 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?