Tampang

Hal yang Terjadi pada Tubuh Jika Sering Jalan Kaki

3 Jul 2024 09:38 wib. 202
0 0
Ilustrasi Jalan Kaki
Sumber foto: Goggle

Dengan demikian, terdapat sejumlah manfaat yang dapat Anda peroleh dengan kebiasaan jalan kaki setiap hari. Manfaat tersebut antara lain:

1. Menguatkan jantung
2. Menyehatkan tulang dan sendi
3. Membantu memperbaiki suasana hati
4. Meningkatkan kualitas tidur
5. Meningkatkan energi
6. Meningkatkan kebugaran

Sebagaimana diungkapkan oleh seorang pelatih kekuatan dan pengkondisian yang memiliki gelar Master Pendidikan, Seth Forman, "Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari adalah kebiasaan yang transformatif." Namun, perlu diingat bahwa berjalan kaki setiap hari tanpa adanya jeda istirahat dapat berpotensi menimbulkan dampak negatif.

Adapun beberapa dampak negatif tersebut di antaranya adalah kelelahan tubuh, risiko cedera berlebihan, dan rasa sakit. Dampak-dampak ini terutama akan dirasakan jika berjalan kaki dilakukan untuk jarak yang cukup panjang setiap hari.

Oleh karena itu, bagi yang baru memulai rutinitas jalan kaki setelah tidak aktif bergerak selama beberapa waktu, disarankan untuk memulai dari intensitas yang kecil terlebih dahulu. Selanjutnya, tetapkanlah tujuan yang dapat dicapai dan lacaklah kemajuan yang telah Anda capai.

Tak hanya itu, ajaklah teman untuk berolahraga bersama agar motivasi Anda semakin bertambah serta mengintegrasikan kegiatan jalan kaki ke dalam kegiatan harian, seperti berjalan kaki menuju kantor. Jika baru memulainya, disarankan mencoba jalan kaki selama 5 hingga 10 menit sehari dan meningkatkan durasinya secara bertahap.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.