Tampang

Efek Samping Terlalu Sering Mengonsumsi Bakso: Ancaman Kesehatan yang Tak Terduga

14 Mei 2024 22:05 wib. 66
0 0
Efek Samping Terlalu Sering Mengonsumsi Bakso: Ancaman Kesehatan yang Tak Terduga
Sumber foto: google

Bakso, semangkuk mie dan bola daging yang banyak disukai hampir semua orang. Rasanya gurih, hangat, dan dapat mengenyangkan tubuh, membuatnya menjadi hidangan favorit di berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, banyak yang menikmati bakso sebagai santapan lezat di tengah hari atau malam. Namun, tahukah Anda bahwa terlalu sering mengonsumsi bakso bisa membawa dampak negatif bagi kesehatan? Sebuah fakta yang dapat membuat kita merenung.

Menurut penjelasan dari dr. Zaidul Akbar, seorang ahli kesehatan, terlalu sering mengonsumsi bakso dapat menimbulkan empat risiko kesehatan yang serius. Salah satunya adalah peningkatan risiko kolesterol jahat dalam tubuh. Bakso memiliki kandungan lemak tinggi yang dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Lemak tersebut dapat menyumbat pembuluh darah dan berpotensi memicu penyakit jantung serta stroke. Implikasi ini menjadi perhatian serius bagi siapa saja yang gemar menikmati makanan bersantan dan berlemak.

Tak hanya itu, penggunaan monosodium glutamat (MSG) dan bahan pengawet tambahan dalam pembuatan bakso juga dapat menimbulkan ancaman kesehatan. MSG yang merupakan penguat rasa pada bakso sebenarnya dapat menyebabkan dampak negatif bagi tubuh, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, praktik menggunakan bahan berbahaya seperti boraks dalam pembuatan bakso yang dilakukan oleh sebagian penjual juga menjadi perhatian serius. Boraks dapat memberikan tekstur kenyal pada bakso, tetapi ternyata dapat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Kemudian, masalah obesitas juga menjadi dampak lain dari konsumsi bakso secara berlebihan. Kandungan lemak dan kalori tinggi dalam bakso dapat menyebabkan penumpukan lemak di tubuh, yang pada akhirnya meningkatkan risiko obesitas. Bayangkan, dalam satu porsi bakso saja sudah mengandung antara 400-600 kalori. Jika tambahan bahan lainnya tidak terkontrol, maka porsi bakso tersebut juga akan memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Investasi Reksadana
0 Suka, 0 Komentar, 27 Mar 2024
Manfaat Bersedekah
0 Suka, 0 Komentar, 9 Apr 2024

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?