Tampang

Diabetes: Gejala, Penyebab, dan Pengelolaan Efektif

26 Jul 2024 12:08 wib. 100
0 0
Cek gula darah
Sumber foto: Pinterest

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang semakin meningkat prevalensinya di seluruh dunia. Penyakit ini terjadi ketika kadar gula atau glukosa dalam darah menjadi terlalu tinggi. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya gaya hidup, faktor genetik, dan kelebihan berat badan.

Gejala Diabetes
Gejala diabetes dapat bervariasi, tergantung pada tingkat gula darah. Gejala umum termasuk rasa haus yang berlebihan, sering buang air kecil, kelelahan, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dan luka yang sulit sembuh. Gejala ini bisa muncul secara tiba-tiba pada diabetes tipe 1, sedangkan pada diabetes tipe 2, gejalanya mungkin berkembang secara perlahan dan tidak terdeteksi dalam waktu lama.

Penyebab Diabetes
Penyebab diabetes dapat bervariasi tergantung pada tipe diabetesnya. Pada diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas, sehingga tubuh kehilangan kemampuan untuk memproduksi insulin. Sementara itu, diabetes tipe 2 berkaitan dengan resistensi insulin, di mana tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan efektif. Faktor risiko untuk diabetes tipe 2 meliputi obesitas, kurangnya aktivitas fisik, dan pola makan yang tidak sehat.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?