Tampang

Cara Efektif Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Mulut Bayi

26 Mei 2024 23:05 wib. 144
0 0
Menjaga KebersihanMulut Bayi
Sumber foto: google

Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut bayi adalah langkah penting untuk memastikan pertumbuhan gigi yang sehat dan mencegah berbagai masalah kesehatan di kemudian hari. Kebersihan mulut yang baik sejak dini dapat membantu menghindari infeksi, kerusakan gigi, dan kebiasaan buruk yang mungkin terbawa hingga dewasa. Berikut adalah beberapa cara efektif untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut bayi.

 1. Bersihkan Gusi Sebelum Gigi Tumbuh
Sebelum gigi pertama bayi muncul, penting untuk menjaga kebersihan gusi mereka. Gunakan kain lembut atau kasa yang telah dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan gusi bayi setelah menyusui. Ini membantu menghilangkan bakteri dan mencegah terbentuknya plak.

 2. Gunakan Sikat Gigi Bayi yang Sesuai
Setelah gigi pertama bayi tumbuh, biasanya sekitar usia 6 bulan, mulailah menggunakan sikat gigi bayi yang lembut. Pilih sikat gigi dengan bulu yang halus dan kepala sikat yang kecil untuk menjangkau seluruh area mulut bayi dengan aman. Bersihkan gigi bayi setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur.

 3. Hindari Penggunaan Pasta Gigi Berfluoride pada Bayi
Pada awalnya, gunakan air saja untuk membersihkan gigi bayi. Setelah bayi berusia sekitar 18 bulan, Anda dapat mulai menggunakan pasta gigi bayi yang tidak mengandung fluoride dalam jumlah sedikit (sekitar sebesar butiran beras). Hal ini penting untuk menghindari fluorosis, yang disebabkan oleh konsumsi fluoride berlebihan pada gigi yang sedang berkembang.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Reformasi Protestan
0 Suka, 0 Komentar, 26 Mei 2024

POLLING

Peraturan Baru dari Pemerintah, Seluruh Motor dan Mobil Wajib Miliki Asuransi Mulai 2025. Apakah Anda Setuju?