Tampang

Buah Terbaik dan Buah Terburuk bagi Penderita Diabetes, Ada Apa Saja?

26 Jul 2024 11:58 wib. 76
0 0
Ilustrasi Buah Jeruk Bali
Sumber foto: Canva

Penderita diabetes harus selalu memantau indeks glikemik dari makanan yang mereka konsumsi. Indeks glikemik merupakan peringkat makanan kaya karbohidrat berdasarkan pengaruhnya terhadap kadar gula darah. Semakin tinggi peringkatnya, semakin besar pengaruhnya terhadap kadar gula darah. Sebagian besar penderita diabetes tidak mengonsumsi makanan manis atau tambahan gula. Namun, beberapa jenis buah dengan indeks glikemik rendah tetap aman dikonsumsi dalam jumlah yang sedang.

Buah-buahan kaya akan berbagai macam vitamin, mineral, dan serat, yang bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah serta mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Namun, tidak semua jenis buah boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Berikut adalah beberapa buah terbaik dan terburuk untuk penderita diabetes yang perlu mereka ketahui.

Buah-Buah yang Baik untuk Penderita Diabetes

Jeruk Bali adalah salah satu buah yang direkomendasikan untuk penderita diabetes karena mengandung sekitar 91 persen air yang dapat membantu menghidrasi tubuh. Jeruk bali juga kaya akan vitamin C dan memiliki indeks glikemik sebesar 25, serta mengandung cadangan serat dalam jumlah tinggi. Jeruk bali juga mengandung naringenin, suatu flavonoid yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Stroberi merupakan buah lain yang kaya akan vitamin, antioksidan, dan serat. Indeks glikemik buah stroberi adalah 41, yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Selain itu, buah jeruk, ceri, dan apel juga direkomendasikan untuk penderita diabetes karena kandungan serat, vitamin, dan rendahnya indeks glikemik.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

kisah pemuda
0 Suka, 0 Komentar, 3 Jul 2017
boni hargens
0 Suka, 0 Komentar, 26 Mei 2017

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?