Tampang

Apa Itu PCOS: Kenali Penyebabnya

12 Jun 2024 16:53 wib. 24
0 0
Organ Intim

Penyakit Ovarium Polikistik (PCOS) adalah kondisi hormonal yang umum terjadi pada wanita usia subur. PCOS dapat menyebabkan gangguan menstruasi, masalah kesuburan, dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang mengganggu siklus ovulasi normal. Untuk lebih memahami apa itu PCOS dan penyebabnya, mari kita bahas lebih lanjut.

PCOS adalah gangguan endokrin yang memengaruhi sekitar 10% wanita usia subur. Gejala PCOS dapat bervariasi antara setiap individu, tetapi gejala umumnya termasuk siklus menstruasi yang tidak teratur, pertumbuhan rambut yang tidak normal, jerawat, dan kesulitan dalam hamil. Selain itu, PCOS juga dikaitkan dengan risiko peningkatan resistensi insulin, obesitas, dan penyakit jantung.

Penyebab PCOS belum sepenuhnya dipahami, tetapi faktor genetik, hormonal, dan gaya hidup diyakini memainkan peran. Faktor genetik dapat memainkan peran dalam kecenderungan seseorang mengalami PCOS. Jika seorang wanita memiliki riwayat keluarga dengan PCOS, maka kemungkinan dia juga berisiko mengalami kondisi ini. 

Faktor hormonal juga menjadi penyebab PCOS. Wanita dengan PCOS biasanya memiliki tingkat hormon androgen yang tinggi. Kondisi ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon seks seperti estrogen dan progesteron. Ketidakseimbangan hormon ini dapat mengganggu ovulasi dan menyebabkan pembentukan kista di dalam ovarium.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%