Tampang

6 Tanda Kolesterol Tinggi yang Terlihat di Kaki dan Kulit

13 Sep 2024 16:36 wib. 68
0 0
6 Tanda Kolesterol Tinggi yang Terlihat di Kaki dan Kulit
Sumber foto: iStock

Kolesterol tinggi memang perlu diwaspadai, sebab menurut penelitian, bila tidak diobati, dapat menyebabkan penyakit serius, seperti serangan jantung, stroke, serta arteri perifer. Penelitian menunjukkan bahwa diperlukan pengenalan dini akan tanda-tanda gejala kolesterol tinggi guna mengurangi risiko komplikasi serius dari penyakit ini. Tanda-tanda kolesterol tinggi bisa terlihat dan dirasakan pada kaki. Berikut paparannya:

1. Kaki dan Tungkai yang Selalu Dingin

Salah satu tanda kolesterol tinggi yang dapat terlihat adalah kaki dan tungkai yang terasa dingin, meskipun dalam cuaca panas. Keadaan ini bisa menjadi pertanda bahwa seseorang mungkin menderita penyakit arteri perifer (PAD). Jika seseorang merasakan dingin hanya di satu kaki, tetapi tidak di kaki lainnya, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Dilansir dari jurnal Circulation Research, penurunan aliran darah pada kaki dapat menjadi tanda adanya penyakit arteri perifer yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang tinggi.

2. Perubahan Warna Kulit

Tidak hanya pada kaki, penurunan aliran darah akibat kolesterol tinggi juga dapat mengubah warna kulit. Hal ini dikarenakan sel-sel tidak mendapatkan nutrisi yang cukup akibat berkurangnya aliran darah yang membawa nutrisi dan oksigen. Penurunan warna kulit pada kaki bisa menjadi tanda bahwa aliran darah ke kaki tidak optimal, dan bisa menandakan tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?