Tampang

5 Hal Sepele yang Bisa Menyebabkan Penyakit Maag

16 Mar 2024 06:03 wib. 166
0 0
5 Hal Sepele yang Bisa Menyebabkan Penyakit Maag
Sumber foto: freepik.com

Maag atau penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) seringkali dianggap sepele karena gejalanya yang terasa ringan. Namun, penyakit ini sebenarnya dapat menjadi masalah serius jika tidak diatasi dengan baik. Tak sedikit orang yang menderita maag akibat kebiasaan sehari-hari yang dianggap sepele. Berikut adalah 5 hal sepele yang bisa menyebabkan penyakit maag, dan penting dilakukan penanganan secara tepat untuk mencegah penyakit menjadi lebih parah.

1. Makan Terlalu Mantap

Siapa yang tidak suka makanan yang pedas, asam, atau berlemak? Namun, kebiasaan makan terlalu pedas, asam, atau berlemak dapat meningkatkan risiko terkena penyakit maag. Lemak dan makanan pedas dapat mengganggu kerja katup antara lambung dan kerongkongan. Akibatnya, asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan peradangan yang menyebabkan rasa terbakar dan nyeri di dada.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Indonesian Digestive Disease Week pada tahun 2018 menemukan bahwa 40% pasien maag memiliki kebiasaan makan makanan pedas dan berlemak. Hal ini menunjukkan bahwa kebiasaan makan yang kurang sehat berkontribusi pada tingginya angka penderita maag di Indonesia.

2. Minum Kopi Secara Berlebihan

Bagi sebagian orang, hari tidak akan lengkap tanpa secangkir kopi. Namun, minum kopi secara berlebihan dapat menjadi pemicu utama penyakit maag. Kopi mengandung asam klorogenat yang dapat merangsang produksi asam lambung. Jika dikonsumsi secara berlebihan, kopi dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan kerongkongan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

taqva
0 Suka, 0 Komentar, 11 Jun 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?