Tampang

5 Hal Sepele yang Bisa Menyebabkan Penyakit Maag

16 Mar 2024 06:03 wib. 200
0 0
5 Hal Sepele yang Bisa Menyebabkan Penyakit Maag
Sumber foto: freepik.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan menemukan bahwa 60% penderita maag memiliki kebiasaan minum kopi setidaknya 3 kali sehari. Hal ini menegaskan bahwa konsumsi kopi yang berlebihan berperan dalam meningkatnya jumlah penderita maag di Indonesia.

3. Begadang

Aktivitas begadang atau kurang tidur dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit maag. Saat tidur, fungsi otot sfingter esofagus akan menurun, sehingga asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan dan menimbulkan gejala maag seperti rasa terbakar dan nyeri.

Data dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menunjukkan bahwa 35% orang yang menderita maag memiliki kebiasaan begadang atau kurang tidur. Ini menunjukkan bahwa pola tidur yang tidak teratur berkontribusi pada meningkatnya kasus maag di Indonesia.

4. Stres Berkelanjutan

Tak bisa dipungkiri bahwa stres adalah bagian dari kehidupan modern. Namun, stres berkepanjangan dapat menjadi pemicu utama penyakit maag. Saat stres, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol yang dapat merangsang produksi asam lambung secara berlebihan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Waspada Gunung Agung Meletus
0 Suka, 0 Komentar, 11 Okt 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?