Tampang

5 Bahan Pengganti Santan yang Lebih Rendah Kalori dan Sehat

23 Jul 2024 13:11 wib. 87
0 0
Ilustrasi. Makanan bersantan.
Sumber foto: Goggle

Santan atau coconut milk telah menjadi bahan masakan yang populer dalam hidangan khas Nusantara. Rasanya yang kaya dan aroma wangi membuatnya menjadi bahan utama dalam berbagai resep masakan dan minuman. Namun, meskipun kandungan nutrisi dalam santan cukup tinggi, baik vitamin, zat besi, maupun selenium, sayangnya kandungan kalori dan lemaknya juga terbilang tinggi. Dalam satu cangkir santan (sekitar 240 gram) terdapat sekitar 552 kalori dengan 93 persen kalori berasal dari lemak, termasuk lemak jenuh.

Sebagai solusi bagi mereka yang menjalani gaya hidup sehat, diet, atau alergi terhadap santan, tersedia beragam bahan pengganti santan yang lebih rendah lemak dan kalori namun tetap sehat bagi tubuh. Berikut adalah 5 bahan pengganti santan yang lebih rendah kalori dan sehat, yang dapat Anda gunakan dalam memasak untuk memperkaya cita rasa hidangan Anda.

1. Susu Almond
Susu almond tanpa pemanis tambahan dapat menjadi pengganti santan yang lebih sehat. Walaupun tidak memiliki kekentalan serupa dengan santan, Anda dapat menambahkan 15 ml perasan lemon untuk setiap 240 ml susu almond untuk membuatnya lebih kental. Selain itu, menambahkan tepung kelapa juga bisa meningkatkan kekentalannya sekaligus memberikan sedikit rasa santan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?