Tampang

Tips Berinvestasi Reksa Dana Bagi Pemula

6 Jul 2022 20:29 wib. 599
0 0
Tips Berinvestasi Reksa Dana Bagi Pemula

Seiring perkembangan teknologi saat ini, pola penyimpanan uang ikut mengalami kemajuan pesat. Salah satu media untuk menyimpan uang adalah reksadana. Secara definisi, dilansir dari website resmi Bursa Efek Indonesia, reksadana diartikan sebagai wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat selaku pemodal, untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek melalui Manajer Investasi (MI).

Bagi Anda para investor pemula atau masih belajar, atau memiliki target jangka pendek nan panjang seperti menyiapkan biaya pendidikan anak hingga ke perguruan tinggi, membeli rumah impian di masa depan, biaya travelling ke negara impian, atau investasi untuk modal dana pensiun. Reksa dana adalah salah satu instrumen investasi untuk pemodal yang memiliki modal kecil atau yang tidak punya banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko produk investasi. Banyak yang bilang, reksa dana cocok untuk para investor pemula.

Jika mengacu pada UU Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995, reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi (MI). Investasi Reksa Dana saham disarankan untuk investor pemula karena risikonya yang rendah atau sering dikatakan sebagai low risk dan nilainya yang stabil. Selain itu, investasi di reksa dana relatif murah dan tidak membutuhkan modal besar.                                                                                                                                          

Nilai investasi Anda akan dikelola oleh manajer investasi yang sudah berpengalaman dalam mengelola investasi. MI akan mengumpulkan dana dari para investor yang kemudian dikelola di dalam investasi yang terdapat di pasar modal maupun pasar uang. Instrumen investasi reksa dana umumnya dibagi menjadi empat sesuai dengan penempatan dana oleh MI. Setiap jenisnya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang beragam. Berikut ini adalah keempat jenis tersebut :

  • Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Fund)

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Cegah Terjadinya Stroke Sejak Dini
0 Suka, 0 Komentar, 23 Mei 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?