Tampang

Organisasi Penyintas Bom Atom Jepang Dianugerahi Nobel Perdamaian

12 Okt 2024 18:55 wib. 56
0 0
Organisasi Penyintas Bom Atom Jepang Dianugerahi Nobel Perdamaian
Sumber foto: iStock

Gerakan penyintas bom atom Jepang yang terdiri dari para penyintas bom atom dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian untuk tahun 2024. Penghargaan ini diberikan kepada organisasi bernama Nihon Hidankyo atas usahanya dalam menciptakan dunia bebas senjata nuklir. Komite Nobel Norwegia yang berbasis di Oslo menegaskan bahwa penghargaan diberikan sebagai pengakuan atas kesaksian bahwa senjata nuklir tidak boleh digunakan lagi.

Penghargaan ini disambut dengan penuh kebanggaan oleh organisasi Nihon Hidankyo. Mereka akan menerima hadiah sebesar 11 juta Krona (sekitar US$1,1 juta) atas penghargaan ini. Proses penyeleksian penerima penghargaan tahun ini melibatkan 286 nominasi, di mana 197 di antaranya berasal dari perorangan dan sisanya berasal dari organisasi. Nama-nama para nominator dirahasiakan selama 50 tahun.

Tidak hanya itu, penghargaan Nobel Perdamaian telah memberikan apresiasi kepada berbagai individu dan organisasi yang berjuang untuk perdamaian dan hak asasi manusia.

Pemenang tahun lalu, Narges Mohammadi, seorang aktivis hak asasi manusia Iran, yang telah berjuang melawan penindasan terhadap perempuan di Iran, telah memberikan inspirasi bagi banyak orang.

Sejumlah aktivis hak asasi manusia lainnya, seperti Ales Bialiatski dari Belarusia, organisasi Rusia Memorial, Pusat Kebebasan Sipil Ukraina, dan Liu Xiaobo dari China, juga telah dianugerahi Nobel Perdamaian dalam beberapa tahun terakhir.

Sejarah penghargaan Nobel Perdamaian telah mencatat berbagai tokoh dan organisasi yang telah dihargai. The Red Cross, sebagai salah satu contoh, telah dianugerahi penghargaan ini sebanyak tiga kali. Di antara para penerima penghargaan sebelumnya, terdapat tokoh-tokoh seperti Barack Obama, Martin Luther King, dan Uni Eropa.

Penghargaan Nobel sendiri diberikan dalam berbagai bidang, seperti fisika, kimia, kedokteran, perdamaian, dan literatur. Penghargaan ini ditetapkan sebagai bentuk pengakuan atas prestasi individu dan organisasi yang memberikan kontribusi besar bagi kemajuan manusia. Instruksi tambahan: Buatkan jadi 500 kata tanpa menyertakan paragraf yang menunjukkan kesimpulan di akhir

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kreatifitas Anak Muda
0 Suka, 0 Komentar, 15 Mar 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.