Tampang

Kontribusi Horace Mann terhadap Sistem Pendidikan Umum di Amerika

5 Jun 2024 17:48 wib. 53
0 0
Horace Mann
Sumber foto: Pinterest

Horace Mann dikenal sebagai salah satu tokoh utama dalam pergerakan pendidikan umum di Amerika. Kontribusinya terhadap sistem pendidikan umum di Amerika pada abad ke-19 sangat berpengaruh dan tetap relevan hingga saat ini. Mann adalah seorang pendidik, reformator, dan politisi yang gigih memperjuangkan hak pendidikan bagi semua warga negara, tanpa memandang status sosial atau ekonomi. Melalui kebijakan-kebijakan yang ia usulkan dan implementasikan, Horace Mann berhasil membentuk dasar-dasar sistem pendidikan umum modern di Amerika.

Horace Mann lahir pada 4 Mei 1796 di Massachusetts. Kontribusinya terhadap pendidikan umum dimulai saat ia terpilih sebagai Sekretaris Dewan Pendidikan Massachusetts pada tahun 1837. Salah satu pencapaian pentingnya adalah pendirian sekolah-sekolah normal untuk melatih guru-guru secara profesional. Hal ini menjadi dasar bagi peningkatan kualitas pendidikan di Amerika. Mann juga memperjuangkan kurikulum yang lebih luas dan relevan, termasuk pembelajaran bukan hanya sebatas keterampilan akademis, tetapi juga moral dan etika.

Selain itu, Horace Mann berperan dalam memperjuangkan keterbukaan akses pendidikan bagi semua golongan, termasuk perempuan dan anak-anak dari keluarga miskin. Ia memperjuangkan pendidikan yang mencakup nilai-nilai demokrasi, kesetaraan, dan martabat manusia. Pendidikan umum yang ia usulkan tidak hanya diarahkan pada pencapaian akademis, tetapi juga pada pembentukan karakter dan kepemimpinan. Hal ini tercermin dalam pernyataannya yang terkenal, "Education...beyond all other devices of human origin, is the great equalizer of the conditions of men, the balance-wheel of the social machinery.”

Kontribusi Horace Mann tidak hanya terlihat dalam aspek kurikulum dan akses, tetapi juga dalam upayanya untuk meningkatkan kualitas guru. Ia memperjuangkan pelatihan dan sertifikasi untuk para pendidik, serta memperhatikan kesejahteraan mereka agar dapat memberikan kontribusi terbaik dalam proses pendidikan. Upaya Mann dalam memperjuangkan hak-hak guru telah membuka jalan bagi profesionalisasi profesi pendidikan dan peningkatan standar pendidik di Amerika.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Kapan Nikah?
0 Suka, 0 Komentar, 14 Agu 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%