Tampang

Cara Pembuatan MSG yang Tidak Banyak Diketahui

29 Mei 2024 23:33 wib. 66
0 0
Micin

Micin atau MSG kini menjadi bahan tambahan masakan yang sangat populer dalam berbagai produk makanan. Micin berfungsi sebagai penambah rasa yang sering digunakan pada saat memasak. Meskipun sering digunakan, sebagian orang kadang enggan menggunakan micin karena beberapa alasan, termasuk dampaknya terhadap kesehatan.

Pada orang yang memiliki sensitivitas tinggi, penggunaan micin secara berlebihan dapat menyebabkan kantuk dan rasa getir di lidah. Meski sering digunakan dalam berbagai hidangan, mungkin tidak banyak yang tahu bagaimana sebenarnya cara pembuatan micin.

Sejarah dan Proses Pembuatan Micin
Sejarah micin dimulai dari penemuan kaldu dashi MSG oleh Profesor Kikunae Ikeda pada tahun 1908. Ia pertama kali menemukan rasa gurih yang tidak biasa saat mencicipi kaldu buatan istrinya yang menggunakan kombu atau rumput laut Jepang pada tahun 1907. Profesor Ikeda kemudian meneliti kaldu tersebut dan berhasil mengekstrak komponen kristal yang ternyata adalah asam glutamat, yang menghasilkan rasa umami.

Meskipun asam glutamat awalnya diekstrak dari kaldu rumput laut, proses pembuatan micin saat ini berbeda. MSG atau micin yang sering ditemui dalam bentuk kristal di supermarket biasanya dibuat melalui proses fermentasi bahan-bahan nabati seperti batang tebu, bit gula, singkong, atau jagung. Bahan-bahan tersebut difermentasikan menggunakan mikroba yang memproduksi asam glutamat.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%