Tampang

Cara Melakukan Gaya Hidup Minimalis ala Raditya Dika, Kunci Keuangan yang Stabil dan Sehat

3 Jul 2024 20:44 wib. 187
0 0
Gaya Hidup Minimalis
Sumber foto: Goggle

Ada beberapa cara untuk menjalani gaya hidup minimalis yang bisa kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah dengan membuat anggaran minimalis. Kita dapat memulainya dengan membuat daftar semua sumber pendapatan dan pengeluaran tetap, seperti sewa, utilitas, dan pembayaran utang. Setelah itu, alokasikan sebagian dari pendapatan untuk ditabung dan sisanya dapat diinvestasikan.

Selain itu, kita juga dapat mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, seperti mengurangi layanan streaming yang jarang digunakan, makan di luar, atau membeli secangkir kopi di kafe. Kita perlu mempertimbangkan apakah item atau layanan tersebut sejalan dengan nilai-nilai dan apakah ada cara yang lebih hemat biaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Selanjutnya, berhenti khawatir takut tertinggal tren yang ada. Hindari jebakan media sosial dan simbol status yang mendorong pengeluaran. Kita harus menyadari bahwa yang dipertaruhkan adalah kesehatan finansial dan ketenangan pikiran, bukan bagaimana kehidupan terlihat di mata orang lain.

Mengurangi utang juga menjadi hal yang penting dalam gaya hidup minimalis. Membuat rencana untuk mengurangi dan menghilangkan utang berbunga tinggi, seperti kartu kredit, adalah langkah penting dalam perjalanan menuju kebebasan finansial. Hidup sesuai kemampuan juga merupakan kunci dalam financial minimalist. Kita perlu bertanya pada diri sendiri apakah pembelian itu suatu kebutuhan atau sekadar kesenangan belaka.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.