Tampang

Bank Sampah Sidaya Binaan IMIP Bantu Para Ibu Bayar Sekolah Anak

10 Jul 2024 21:01 wib. 91
0 0
Bank Sampah Sidaya Binaan IMIP Bantu Para Ibu Bayar Sekolah Anak
Sumber foto: Unsplash

Bank Sampah Sidaya adalah inisiatif kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Ara Sinergi Berdaya yang merupakan binaan dari PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). Dengan kegiatan pengelolaan Bank Sampah Sidaya, KSM Ara Sinergi Berdaya telah berhasil menciptakan nilai ekonomi yang signifikan. Salah satu hasil yang signifikan dari kegiatan ini adalah mampu memberikan bantuan kepada sejumlah ibu-ibu di Desa Labota, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, dalam membayar biaya pendidikan anak-anak mereka.

Sebagai nasabah Bank Sampah Sidaya, para ibu-ibu di Desa Labota mampu meringankan pembayaran biaya pendidikan dengan cara menabung sampah plastik. Sebagai contoh, salah satu nasabah Bank Sampah, Sumiati (50 tahun) telah mengumpulkan 1 ton sampah plastik selama 5 bulan terakhir. Hasil dari tabungan ini mencapai Rp1,5 juta, yang mampu menutupi biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) sekolah anaknya selama beberapa bulan ke depan, serta cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menurut Sumiati, hasil dari memungut sampah plastik memang relatif kecil. Namun, hal ini tidak mengurangi semangatnya untuk menabung di Bank Sampah Sidaya. Dia mengungkapkan bahwa sampah botol plastik bening bersih dihargai sebesar Rp2.000 per kilogram, sedangkan botol plastik bening kotor dihargai Rp1.200 per kilogram. Selama 6 bulan, manajemen Bank Sampah Sidaya telah berhasil menerima tabungan sampah sebanyak 5 ton dengan perputaran uang sebesar Rp 8 juta.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Rambut Rontok? Inilah Solusinya
0 Suka, 0 Komentar, 4 Mei 2018

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?