Tampang

Tips Aman Mengendarai Mobil Bagi Pemula

12 Mar 2021 15:52 wib. 1.044
0 0
Tips Aman Mengendarai Mobil Bagi Pemula

Menyetir kendaraan roda empat seringkali menimbulkan kekhawatiran dan menurunnya rasa percaya diri. tak jarang ditemukan berbagai kasus kecelakaan hingga membawa korban jiwa akibat kelalaian pengemudi yang masih dalam tahap belajar mengendarai mobil. Di dalam berkendara dibutuhkan kewaspadaan serta kesabaran juga ketelitia. Selain itu juga diperlukan faktor kenyamanan dan ketenangan dalam mengemudi agar tdiak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ketika berada di jalanan. Berikut ini adalah tips aman belajar mengendarai mobil bagi pemula yang di antara adalah sebagai berikut :                                             

  • Pahami semua fungsi

Salah satu tips aman bagi pengendara pemula yaitu sangat penting dalam memahami fungsi dari setiap alat yang tersedia di kabin mobil. Perhatikan dengan baik-baik berbagai pedal yang terdapat pada bagian bawah, dimulai dari paling kanan pedal gas, kemudian rem serta pedal kopling bagi mobil dengan transmisi manual. Lalu di sisi kiri tempat duduk terdapat tuas transmisi dan rem tangan. Di mana tuas transmisi tersebut fungsinya untuk mengatur tenaga serta kecepatan mobil, sementara rem tangan dipergunakan pada saat parkir atau berhenti. Sesudah memahami mengenai semua pedal seutuhnya akan membuat anda lebih berhati-hati  pada saat menginjaknya. Kemudian pahami fungsi dari alat lain pada kabin seperti lampu sign, klakson dan berbagai fitur laiinya. Bila anda sudah mengenal semuanya dengan baik maka rasa grogi anda akan berkurang.

  • Pilihlah mobil yang tepat

Bila anda pemula maka sebaiknya memilih mobil dengan transmisi manual dahulu. Sebagai bentuk untuk berjaga-jaga serta melatih kemampuan sehingga ke depannya anda bisa menyetir mobil manual maupun mobil matic. Dalam langkah belajar menyetir anda bisa memilih mobil pick up karena jangkauan pandangan anda ke belakang lebih luas. Ketika anda sudah merasa lancar dalam mengendalikan maka anda bisa beralih ke mobil mewah lainnya. Bagi pemula yang menggunakan mobil transmisi matic sebaiknya lebih berhati-hati ketika menginjak pedal karena di sini anda cukup bermain gas dan rem saja.

  • Atur posisi yang nyaman

Langkah selanjutnya tetapi sangat penting adalah mengatur posisi duduk senyaman mungkin. Aturlah ketinggian jok agar jarang pandang luas serta tidak terhalang oleh dashboard. Sesuaikan jok dengan posisi kaki untuk menginjak pedal, jangan sampai terlalu jauh sehingga anda sulit untuk menjangkaunya. Perhatikan juga sandaran jok dan pastikan bila anda nyaman karena punggung adalah penopang utama pada saat menyetir mobil.

  • Kendarai secara perlahan
<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?