Tampang

Pentingnya Pemeriksaan Ultrasonografi (USG) Pembuluh Darah dalam Mendeteksi Penyakit Arteri Perifer

12 Jul 2024 10:25 wib. 150
0 0
Pemeriksaan Ultrasonografi (USG) Pembuluh Darah dalam Mendeteksi Penyakit Arteri Perifer
Sumber foto: google

Pemeriksaan USG pembuluh darah bantu deteksi penyakit arteri perifer. Dokter spesialis bedah vaskular dan endovaskular dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta dr. Ihza Fachriza Sp.B Subs.BVE (K) menyampaikan bahwa pemeriksaan pembuluh darah menggunakan ultrasonografi (USG) bisa membantu upaya untuk mendeteksi dini penyakit arteri perifer.

Menurut dokter Ihza, pemeriksaan USG pembuluh darah bisa menjadi salah satu langkah pencegahan yang efektif dalam menangani penyakit arteri perifer, terutama bagi pasien dengan faktor risiko tertentu seperti riwayat stroke, penyakit jantung, atau diabetes. Dalam sebuah diskusi daring di Jakarta, dokter Ihza menekankan pentingnya pemeriksaan tersebut terutama bagi pasien yang rentan terkena penyakit pembuluh darah.

Penyakit arteri perifer merupakan kondisi patologis yang dapat memengaruhi pembuluh darah tepi di berbagai bagian tubuh, seperti leher, ginjal, usus, dan kaki. Dengan menggunakan teknologi USG, dokter dapat mengevaluasi kondisi aliran darah pada berbagai arteri, mulai dari arteri di leher hingga ujung kaki. Hasil pemeriksaan USG ini memberikan informasi mengenai ketebalan plak pada pembuluh darah serta membantu dalam mendiagnosis penyakit arteri perifer, penyempitan aliran darah akibat plak pada pembuluh darah, serta berbagai komplikasi yang mungkin terjadi.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.