Tampang

Pentingnya Membatasi Konsumsi Kafein untuk Tidur Berkualitas

18 Jun 2024 09:26 wib. 61
0 0
Kafein Kopi
Sumber foto: google

Mengonsumsi kafein di pagi hari dapat memberikan efek sisa yang lebih lama bahkan hingga waktu tidur. Sebuah penelitian pada tahun 2024 menyatakan bahwa 99% kafein diserap dalam waktu 45 menit setelah selesai dikonsumsi. Dan bagi sebagian orang, waktu paruh kafein berkisar antara 1,5 hingga 9,5 jam.

Menurut Michael Breus, PhD (alias “The Sleep Doctor”), seorang spesialis tidur dan psikolog klinis terkemuka, minum kopi secara teratur setelah tengah hari adalah kesalahan nomor satu yang ingin dihindari demi kualitas tidur.

Meskipun kopi menawarkan banyak manfaat kesehatan seperti antioksidan anti-inflamasi, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein dapat berdampak negatif pada kualitas tidur. Kafein memblokir neurotransmitter adenosine yang membantu mengatur siklus tidur-bangun.

“Kafein adalah stimulan dan menghambat aspek adenosin yang mendorong tidur,” kata Dr. Breus. Adenosin terakumulasi di tubuh Anda sepanjang hari, yang membantu memberi sinyal kapan waktunya tidur, namun kafein dapat mengganggu proses ini.

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%