Tampang

Pakar: Pemerintah Perlu Tiru Cara Eropa dalam Menangani Kecanduan Rokok

5 Jun 2024 17:55 wib. 58
0 0
Kecanduan Merokok
Sumber foto: google

Pendapat Laifa Annisa didukung oleh Pakar Nikotin dan Kesehatan Publik Dr. Karl Fagerstrom, yang mengungkapkan bahwa perdebatan mengenai risiko produk rokok elektrik dan produk alternatif lainnya telah menjadi perhatian sejumlah ahli kesehatan internasional. Fagerstrom mengutip Swedia sebagai contoh keberhasilan penerapan produk alternatif tembakau sebagai bagian dari kampanye berhenti merokok.

Menurut Fagerstrom, perbedaan antara rokok konvensional dan penggunaan produk tanpa asap sangat penting. Meskipun nikotin bersifat adiktif, produk tersebut tidak menyebabkan penyakit serius yang berhubungan dengan merokok. Temuan ini mengindikasikan bahwa fokus pencegahan kecanduan nikotin total perlu bergeser menjadi alternatif yang lebih aman bagi perokok yang tidak dapat berhenti sepenuhnya.

Fagerstrom juga menjelaskan bahwa konsumsi nikotin di Swedia dan negara-negara Eropa lainnya hampir sama, namun tingkat kanker paru-paru di Swedia jauh lebih rendah, sebesar 41 persen, dan kematian akibat tembakau juga lebih sedikit. Menurutnya, hal ini disebabkan oleh penggunaan produk nikotin alternatif seperti kantung nikotin atau rokok elektrik.

Dari pengalaman di Swedia, Fagerstrom menekankan bahwa mengatasi miskonsepsi tentang nikotin dalam masyarakat bisa menghasilkan kebijakan kesehatan yang lebih melindungi masyarakat.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%