Tampang

Fakta Menarik Haumea, Satu-satunya Planet Katai Punya Cincin

29 Jun 2024 14:45 wib. 40
0 0
Fakta Menarik Haumea
Sumber foto: pinterest

Haumea adalah salah satu planet katai di tata surya yang memiliki fakta unik yang menarik untuk dipelajari. Planet ini menjadi menarik karena memiliki cincin, menjadikannya satu-satunya planet katai yang memiliki struktur seperti itu. Selain itu, Haumea juga memiliki beberapa fakta menarik yang membuatnya unik di antara planet-planet katai lainnya.

Haumea ditemukan pada tahun 2003 oleh sekelompok astronom dari California Institute of Technology di Mount Palomar Observatory. Planet ini dinamai dari dewi hutan dalam mitologi Hawaii. Haumea memiliki diameter sekitar 1,960 kilometer, sehingga membuatnya salah satu planet terbesar di sabuk Kuiper di luar orbit Neptunus. Planet ini memiliki bentuk oval panjang, yang disebabkan oleh rotasinya yang sangat cepat.

Salah satu fakta menarik tentang Haumea adalah keberadaan cincin di sekitarnya. Cincin ini ditemukan pada tahun 2017 oleh para astronom di Observatorium Paranal di Chili. Penemuan ini mengejutkan banyak orang karena sebelumnya tidak pernah diketahui bahwa planet katai bisa memiliki cincin. Cincin ini terdiri dari partikel-partikel kecil yang tersebar di sekitar Haumea. Para ilmuwan meyakini bahwa cincin ini mungkin terbentuk dari tabrakan objek di dekatnya atau sisa-sisa dari saat planet ini terbentuk.

Selain cincinnya, Haumea juga memiliki permukaan yang menarik. Permukaan planet ini terutama terdiri dari es air dan es ammonia, dengan kemungkinan adanya endapan air di dalamnya. Sifat permukaan yang seperti itu membuat Haumea tampak cerah ketika teramati dari Bumi. Keberadaan es air dan es ammonia juga memberikan petunjuk terhadap evolusi permukaan planet ini.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%