Tampang

Manfaat Konsumsi Pil KB Selain Alat Kontrasepsi

19 Apr 2023 11:13 wib. 515
0 0
Manfaat Konsumsi Pil KB Selain Alat Kontrasepsi

Banyak wanita menggunakan pil KB karena dapat membuat siklus menstruasi mereka teratur dan diprediksi.  Perlu diketahui bahwa haid yang tidak teratur kebanyakan disebabkan oleh gangguan hormon reproduksi.  Nah, dengan mengonsumsi pil KB, maka tubuhmu dapat membantu memperbaiki hormon tersebut. Di samping itu, hormon dalam pil KB juga dapat mengurangi kram menstruasi dan membuat menstruasi menjadi lebih ringan.

  • Meringankan Nyeri Saat Haid

Dilansir dari Healthline, sekitar 31 persen wanita yang menggunakan pil KB menyebutkan bahwa, nyeri haid menjadi alasan mereka untuk terus mengonsumsi pil tersebut. Sebab, pil KB hormonal berfungsi untuk mencegah terjadinya ovulasi pada tubuh. 

Ketika seseorang tidak mengalami ovulasi, maka rahim tidak akan mengalami kontraksi menyakitkan yang dapat menyebabkan kram. Namun, perlu diingat bahwa sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter spesialis, sebelum menggunakan pil KB untuk mengobati nyeri menstruasi.

  • Mengatasi Masalah Kulit Tertentu

Tingginya kadar androgen (testosteron) melebihi batas normal pada wanita dapat memungkinkan terjadinya penumbuhan rambut di beberapa tempat. Misalnya seperti atas bibir (kumis), di bawah dagu, di antara payudara, hingga bagian dalam paha. Di samping itu, ketidakstabilan hormon juga dapat membuat timbulnya jerawat saat wanita mengalami pre menstruasi syndrome (PMS). 

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?