Tampang

Bolehkah Konsumsi Obat Setelah Minum Kopi?

23 Okt 2024 17:06 wib. 47
0 0
Minum Obat
Sumber foto: google

Minum kopi dan obat secara bersamaan menjadi perhatian khusus dalam dunia medis, karena kandungan kafein dalam kopi dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu dan mempengaruhi efektivitasnya.

Menurut Journal of Clinical Pharmacology and Therapeutics, kafein memiliki dampak signifikan pada metabolisme beberapa jenis obat, baik mempercepat maupun menghambat proses penyerapan obat di dalam tubuh.

Minum obat setelah minum kopi menjadi pertanyaan yang cukup penting untuk dipahami, terutama bagi konsumen kopi yang juga tengah dalam pengobatan dengan obat tertentu. Berikut ini Popmama.com membahas lebih lanjut mengenai pertanyaan bolehkah konsumsi obat setelah minum kopi? Yuk, simak!

 1. Interaksi Kafein dalam Kopi dengan Obat

Berdasarkan Journal of Clinical Pharmacology and Therapeutics, minum obat setelah minum kopi tidak dianjurkan untuk beberapa jenis obat, karena kafein dapat mengubah cara obat diserap dan diproses oleh tubuh. Kafein merangsang aktivitas sistem saraf pusat, yang bisa mempercepat atau memperlambat kerja enzim hati dalam memetabolisme obat. Hal ini dapat menyebabkan obat tidak bekerja sesuai fungsinya, atau bahkan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Antibiotik, antidepresan, dan obat penenang adalah obat-obatan yang sangat rentan terhadap interaksi dengan kafein. Sebagai contoh, antibiotik seperti siprofloksasin dapat mengalami penumpukan kadar kafein dalam tubuh jika diminum bersamaan dengan kopi. Akibatnya, efek samping seperti kecemasan, jantung berdebar, atau bahkan insomnia bisa muncul. Penting untuk memahami risiko yang ada ketika mengonsumsi kopi bersamaan dengan obat-obatan tersebut.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tips Menjaga Berat Badan Ideal
0 Suka, 0 Komentar, 25 Jul 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.