Tampang

Apa Dampak Minum Air Sebelum Tidur? Ini Dia Anda Harus Lihat!

18 Okt 2024 18:06 wib. 48
0 0
Apa Dampak Minum Air Sebelum Tidur? Ini Dia Anda Harus Lihat!

Minum air putih merupakan kebiasaan yang sudah seharusnya menjadi bagian penting dari upaya menjaga kesehatan. Namun, apakah kita pernah memikirkan dampaknya jika kita minum air putih terlalu dekat dengan waktu tidur?

Beberapa pertimbangan dan bahaya terkait minum air putih sebelum tidur adalah hal penting yang perlu dipahami untuk mendukung pola tidur yang lebih baik. Mengutip dari berbagai sumber, artikel ini akan membahas dampak-dampak tersebut.

Bahaya Minum Air Putih Sebelum Tidur

1. Mengganggu Kualitas Tidur 
   Meminum air sebelum tidur dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil selama malam. Hal ini dapat mengganggu siklus tidur dan membuat seseorang terbangun berkali-kali untuk pergi ke toilet. Akibatnya, tidur menjadi terputus-putus sehingga bisa menimbulkan kelelahan dan kurangnya konsentrasi di hari berikutnya.  

   Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, gangguan tidur seperti seringnya bangun untuk buang air kecil di malam hari dapat mengakibatkan penurunan produktivitas dan kinerja kognitif.

2. Meningkatkan Risiko Dehidrasi Selama Tidur  
   Meskipun penting untuk mengonsumsi air guna mencegah dehidrasi, minum air dalam jumlah banyak sebelum tidur dapat membuat tubuh lebih aktif selama tidur. Akibatnya, ketika seseorang terbangun untuk buang air, tidur menjadi terganggu sehingga berisiko mengalami dehidrasi saat terjaga.  

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

addie ms
0 Suka, 0 Komentar, 9 Mei 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.