Tampang

15 Teori Perkembangan Anak Menurut Ahli

31 Mar 2018 18:19 wib. 6.145
0 0
15 Teori Perkembangan Anak Menurut Ahli

Kohlberg juga menyatakan teori perkembangan melalui beberapa tahapan. Kohlberg menyatakan terdapat tiga tingkatan dan masing- masing memiliki dua tahap.

Moralitas Prakonvensional: Pada tingkat ini merupakan tingkat terendah dari perkembangan moral yaitu dengan memberikan reward atas ketercapaian dan hukuman atas keburukan. 

  • Step 1, Pada step ini anak memiliki kepatuhan terhadap aturan karena memahami hukuman dan menjadikan mereka takut untuk tidak mematuhi aturan. 
  • Step 2, Pada step ini anak berfikir individual atau mementingkan diri sendiri. Anak merasa apa yang dia lakukan benar karena selalu mendapatkan reward.
  • Moralitas Konvensional: Pada tingkat kkonvensional ini, terjadi pada anak yang sudah beranjak remaja atau pada orang dewasa. Anak menilai tindakan yang dilakukannya dan membandingkan dengan pandangan orang lain di lingkungannya.
  • Step 3, Pada tahap ini anak berusaha menjadi orang yang baik sesuai dengan harapan orang lain atau lingkungannya. Mau menerima masukan dan bersikap seperti yang diperintahkan. Menyertai diri dengan rasa hormat, rasa terima kasih, dan golden rule ketika berinteraksi dengan orang lain.
  • Step 4, Pada tahap ini penerimaan individu terhadap aturan, orang, dan semua yang ada dlam masyarakat. Mematuhi hukum, keputusan, dan aturan sosial. Kebutuhan masyarakat mulai dianggap melebihi kebutuhan pribadi.
  • Moralitas Pasca Konvensional: Tingkat ke tiga ini disebut juga tingkat berpsinsip.seseorang memiliki persepsi yang dianggap dan dilihat sebelum perspektif masyarakat.
  • Step 5, setiap orang memiliki pendapat yang berbeda beda dan diharggai tanpa memihak. Tidak ada pilihan yang pasti benar atau absolut. Aturan dibuat berdasarkan persetujuan atau kontrak sosial. Perubahan aturan sosial ditujuhkan untuk kesejahteraan dan memenuhi kebaikan bagi banyak orang.
  • Step 6, merupakan prinsip etika universal dimana hukum hanya valid berdasarkan keadilan dan komitmen. Step ini ada pada orang dewasa. Orang membayangkan apa yang dilakukan orang lain dan berfikir apakah yang dilakukan dirinya akan sama.

Maria Montessori

Maria Montessori memiliki prinsip prinsip perkembangan seperti pembelajaran dilakukan sambil bermain agar anak lebih paham. Montessori juga membantu para orang tua untuk menerapkan pola belajar pada anak. Tahap perkembangan menurut Montessori yaitu secara kognitif, afektif, dan psikomotor.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Manfaat Buah Blewah
0 Suka, 0 Komentar, 18 Mar 2024
Rutan Cipinang Jadi Hotel Prodeo Ahok
0 Suka, 0 Komentar, 9 Mei 2017

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?