Tampang

Saham Warren Buffett Hampir Turun 100%, Lantas Apa Penyebabnya?

5 Jun 2024 17:07 wib. 541
0 0
Warren Buffett

Saham-saham di Bursa Efek New York (NYSE) mengalami gejolak hebat pada hari Senin waktu setempat. Saham kelas A perusahaan Berkshire Hathaway yang dimiliki oleh investor terkemuka Warren Buffett tiba-tiba anjlok hampir 100% selama sebagian besar sesi perdagangan pagi. Di samping itu, saham lain seperti Barrick Gold dan Nuscale Power juga mengalami penurunan drastis yang menyebabkan NYSE menghentikan perdagangan untuk sementara waktu.

Menurut CNBC International, masalah tersebut disebabkan oleh teknis di NYSE yang berasal dari kisaran harga yang diterbitkan oleh Consolidated Tape Association (CTA), organisasi yang menyediakan harga saham secara real-time. CTA menyatakan bahwa masalah tersebut terjadi pada rentang harga limit up dan limit down antara pukul 09:30 dan 10:27 Eastern Time. Rentang harga ini seharusnya menjaga volatilitas pasar tetap stabil namun mengalami kegagalan teknis pada saat yang bersamaan.

Organisasi itu juga menyatakan bahwa kemungkinan besar masalah ini disebabkan oleh perilisan perangkat lunak baru. Sebagai tindakan penyelesaian, CTA akan kembali ke program perangkat lunak sebelumnya di pusat data utamanya untuk sesi perdagangan hari Selasa. Tidak hanya saham Berkshire Hathaway, tetapi ada 40 saham lain yang terkena dampak masalah ini, termasuk saham-saham penting lainnya seperti Chipotle Mexican Grill dan Bank of Montreal.

Meskipun mengalami pergerakan yang dramatis, NYSE akhirnya mengumumkan bahwa masalah tersebut telah diselesaikan sekitar pukul 11:45 Eastern Time, dan perdagangan kembali normal. Namun, dalam rangka mengatasi saham yang terkena dampak teknis tersebut, Bursa Ekuitas Grup NYSE mengumumkan akan membatalkan perdagangan yang salah di beberapa sekuritas termasuk saham kelas A Berkshire Hathaway, setelah penutupan pasar. Lebih dari 4.000 perdagangan tercatat pada hari saham kelas A Berkshire ketika perdagangan dihentikan, menyebabkan kerugian yang signifikan.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Peraturan Baru dari Pemerintah, Seluruh Motor dan Mobil Wajib Miliki Asuransi Mulai 2025. Apakah Anda Setuju?