Tampang

Pasar Ekonomi Digital Menggeliat, Tahun 2018 diprediksi Sumbang 10 Persen untuk PDB

16 Feb 2018 08:22 wib. 1.093
0 0
Pasar Ekonomi Digital Menggeliat, Tahun 2018 diprediksi Sumbang 10 Persen untuk PDB

"Berdasarkan survei yang dilakukan Google and A.T. Kearney, terlihat bahwa 64 persen investor lokal memiliki preferensi untuk menanam modal di sektor fintech dan 70 persen investor global juga memiliki preferensi untuk memberikan modal di teknologi finansial. Sehingga diprediksi sektor ekonomi digital yang akan berkembang pesat tahun kedepan adalah lembaga keuangan digital," jelas Novani.

Ditanya mengenai kesiapan Indonesia menghadapi ekonomi digital, Novani menjelaskan bahwa masih perlu perbaikan dan peningkatkan di beberapa sisi. Merujuk pada data McKinsey 2016 dan Kepios 2017, penetrasi dan kualitas jaringan internet di Indonesia masih tergolong relatif tertinggal dibandingkan dengan negara lain. Sebagai informasi, penetrasi internet di Indonesia hanya sekitar 50 persen dengan kemampuan kecepatan rata-rata (Mbps) sekitar 3,9 persen saja. Nilai ini lebih rendah dibandingkan Thailand, Singapura, dan Malaysia.

Selain itu, perlu adanya peningkatan sumber daya manusia sebagai pelaku usaha itu sendiri. Indonesia ke depan harus memiliki sumber daya manusia yang mampu mengoptimalkan teknologi serta maksimal dalam menyambut era ekonomi digital dengan bersaing dalam level nasional maupun internasional.

"Minat masyarakat terbilang relatif tinggi untuk menyambut ekonomi digital. Hal ini terlihat dengan mulai banyaknya pergeseran sistem jual beli konvensional menjadi digital. Namun untuk mendukung pertumbuhan perekonomian melalui digitalisasi, pemerintah juga harus meningkatkan kualitas pelayanan jasa internet," pungkas Novani.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Cara Memilih Hijab Segi Empat
0 Suka, 0 Komentar, 19 Okt 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?