Tampang

Kondisi Industri di Indonesia: Setoran Pajak yang Seret

23 Jul 2024 12:54 wib. 111
0 0
Kondisi Industri di Indonesia: Setoran Pajak yang Seret
Sumber foto: iStock

Sri Mulyani menjelaskan bahwa penurunan penerimaan pajak dari sektor industri pengolahan dipengaruhi oleh peningkatan restitusi dan penurunan PPh Badan Tahunan, terutama pada subsektor terkait komoditas seperti sawit, logam, dan pupuk. Hal ini membuat kondisi perekonomian yang tercermin dari pembayaran pajak mengalami koreksi tajam dibandingkan dua tahun sebelumnya.

Selain industri pengolahan, sektor industri perdagangan juga mengalami penurunan setoran pajak sebesar 0,8% secara neto, padahal pada periode yang sama tahun lalu masih tercatat pertumbuhan sebesar 7,3%. Sementara sektor pertambangan turut menyumbangkan penurunan penerimaan pajak yang signifikan, dengan penurunan sebesar 58,4% pada Semester I-2024, sedangkan pada Semester I-2023 masih tumbuh 51,7%.

Sri Mulyani juga menyoroti penurunan harga komoditas utama seperti batu bara, tembaga, sawit, dan logam sebagai penyebab turunnya penerimaan pajak. Harga-harga komoditas tersebut turun drastis pada Semester I-2024 dibandingkan Semester I-2023, yang berdampak pada peningkatan restitusi untuk industri-industri terkait.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.