Tampang

Investasi di SBR, Emas, Saham, Reksadana, Mana Paling Cuan?

14 Jun 2024 18:28 wib. 45
0 0
Investasi di SBR, Emas, Saham, Reksadana, Mana Paling Cuan?
Sumber foto: Unsplash

Investasi dalam obligasi seperti Savings Bond Ritel (SBR) bisa menjadi pilihan yang menarik bagi para investor. SBR menawarkan keuntungan serta risiko yang relatif rendah dibandingkan dengan investasi lainnya. Apalagi, investasi di obligasi negara bisa dianggap lebih aman karena dijamin oleh pemerintah. Pemerintah Indonesia sedang membuka penawaran dua seri SBR, yaitu SBR013, dengan dua jenis tenor, yaitu dua tahun (SBR013T2) dan empat tahun (SBR013T4).

SBR013T2 menawarkan imbal hasil atau kupon sebesar 6,45%, sementara SBR013T4 menawarkan kupon sebesar 6,60%. Kedua jenis SBR013 ini menerapkan sistem kupon mengambang dengan tingkat Kupon minimal (floating with floor) yang dihitung berdasarkan Suku Bunga Acuan Bank Indonesia atau BI Rate yang berlaku pada saat penetapan kupon, ditambah spread tetap sebesar 20 bps (0,20%) untuk SBR013T2 dan 35 bps (0,35%) untuk SBR013T4. Data dan informasi terkait SBR, seperti tren imbal hasil dari SBR dalam beberapa tahun terakhir dan perbandingan kinerja SBR dengan jenis investasi lainnya, dapat membantu para calon investor dalam membuat keputusan investasi yang cerdas.

Reksa Dana Pasar Uang juga bisa menjadi pilihan menarik bagi para investor yang mencari produk investasi dengan risiko rendah. RDPU memiliki karakteristik yang menyebabkan risiko lebih rendah dibandingkan dengan produk reksa dana lainnya. Selain itu, tren suku bunga yang cenderung tinggi juga turut mendukung kinerja RDPU. Data yang dapat menjadi pertimbangan bagi calon investor adalah tingkat pengembalian RDPU dalam kurun waktu tertentu, perbandingan antara RDPU dengan produk reksa dana lain, serta analisis tren suku bunga dan kondisi ekonomi terkini yang bisa mempengaruhi kinerja RDPU.

Investasi emas merupakan pilihan yang menarik dalam situasi ekonomi global yang terguncang. Kenaikan harga emas karena sifatnya sebagai safe haven membuatnya menjadi pilihan banyak investor dalam mengelola risiko investasi mereka. Data historis terkait kenaikan harga emas, faktor-faktor yang mempengaruhi harga emas, dan perbandingan kinerja investasi emas dengan instrumen investasi lainnya, dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif kepada para calon investor yang hendak berinvestasi dalam emas.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Rahasia Sukses Digital Strategy
0 Suka, 0 Komentar, 21 Agu 2017
5 Tips Aman Berkendara Saat Mudik
0 Suka, 0 Komentar, 19 Jun 2017

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%