Tampang

Harga Beras Akhir-Akhir Ini Belambung Tinggi Pemkot Bandung Melakukan Upaya Menstabilkan Harga

10 Mar 2024 00:31 wib. 75
0 0
Beras
Sumber foto: https://langgam.id/harga-komoditas-di-padang-panjang-beras-masih-naik/

Harga beras naik belakangan ini, menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, menyampaikan bahwa berbagai upaya akan dilakukan untuk menstabilkan harga beras. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan ketersediaan beras di Gudang Bulog.

Kenaikan harga beras yang terjadi belakangan ini telah memberikan dampak negatif terhadap keadaan ekonomi di Kota Bandung. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemkot Bandung bersama dengan berbagai pihak terkait melakukan langkah-langkah strategis agar harga beras dapat kembali normal. 

Kepala Bagian Perekonomian Kota Bandung, Tubagus Agus Mulyadi, menyatakan bahwa untuk meredam kenaikan harga beras di tingkat konsumen, Pemkot Bandung akan melakukan langkah-langkah preventif seperti memastikan ketersediaan stok beras yang mencukupi di pasaran. Selain itu, Pemkot Bandung juga akan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan distribusi beras dapat berjalan lancar, sehingga dapat menekan kenaikan harga beras di pasaran.

Menurut Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, berbagai upaya yang akan dilakukan di antaranya, komoditas beras dilakukan pengecekan ketersediaan beras Bulog ke Gudang Bulog.

"Memastikan cadangan pangan pemerintah daerah, mendorong Bulog untuk melakukan distribusi beras SPHP melalui ritel dan toko modern, melakukan Gerakan Pangan Murah (GPM)," ujar Bambang.

Terjadi penurunan yaitu beras medium, beras premium, cabe rawit merah, cebe merah tanjung.

Saat ini, harag beras medium turun dari Rp15.500 menjadi Rp15.000, di atas HET sebesar 37,6 persen.

Bambang menuturkan harga beras cenderung tinggi dikarenakan produksi beras terbilang rendah.

"Hal itu disebabkan masih musim tanam, sehingga produksi beras cenderung lebih rendah," ujar Bambang.

"Sementara beras premium turun dari Rp17.250 menjadi Rp17.000 dari HET sebesar 22,3 persen," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Bagian Perekonomian Kota Bandung, Tubagus Agus Mulyadi mengungkapkan untuk meredam kenaikan harga beras di tingkat konsumen Pemkot Bandung bekerja sama dengan Bulog dan stakeholder telah dan akan melakukan operasi pasar murah beras medium sebanyak 30 kali yang tersebar di kecamatan di Kota Bandung dan juga gerakan pangan murah sabanyak 39 kali.

"Mudah - mudahan dengan ada kegiatan itu dapat mengurangi beban pengeluaran masyarakat dalam memenuhi kebutuhan," katanya.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

German Shutdown Konferensi Palestina
0 Suka, 0 Komentar, 13 Apr 2024

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?