Tampang

Apa Itu Saham? Fungsi dan Jenis-jenisnya

8 Jun 2024 18:32 wib. 159
0 0
Saham
Sumber foto: asupan.net

Selain itu, saham juga memiliki fungsi sebagai instrumen investasi. Banyak investor yang membeli saham dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham atau dividen yang dibagikan oleh perusahaan.

Jenis Saham
Saham dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan karakteristiknya. Pertama, saham biasa (common stock) merupakan jenis saham yang paling umum diperdagangkan di pasar modal. Pemegang saham biasa memiliki hak untuk menghadiri rapat umum pemegang saham dan memiliki hak suara dalam pengambilan keputusan perusahaan.

Kedua, saham preferen (preferred stock) adalah jenis saham yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk mendapatkan dividen tertentu sebelum pemegang saham biasa menerima dividen. Saham preferen juga memberikan hak kepada pemegangnya untuk mendapatkan pembayaran kembali atas investasinya jika perusahaan bangkrut.

Selain itu, saham juga dapat dikategorikan berdasarkan sektor atau industri perusahaan yang menerbitkannya, seperti saham perbankan, saham telekomunikasi, saham pertanian, dan sebagainya.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Olahraga Tinju
0 Suka, 0 Komentar, 15 Mar 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.