Tampang

Apa Itu Saham? Fungsi dan Jenis-jenisnya

8 Jun 2024 18:32 wib. 162
0 0
Saham
Sumber foto: asupan.net

Saham merupakan instrumen keuangan yang diperdagangkan di pasar modal. Saham merupakan bagian kecil dari kepemilikan suatu perusahaan. Dengan memiliki saham, seseorang menjadi pemegang bagian dari perusahaan tersebut. Saham juga sering disebut sebagai bukti kepemilikan modal dari sebuah perusahaan. Dalam hal ini, saham dapat diartikan sebagai surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan dalam suatu perusahaan.

Fungsi Saham
Ada beberapa fungsi saham dalam dunia keuangan. Pertama, saham memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan dana. Ketika suatu perusahaan ingin mengembangkan bisnisnya atau memperluas operasionalnya, mereka membutuhkan dana tambahan. Dengan menerbitkan saham, perusahaan dapat menjual sebagian kepemilikannya kepada investor dan mendapatkan dana segar untuk keperluan tersebut.

Kedua, saham memberikan kepemilikan kepada para pemiliknya. Pemilik saham memiliki hak untuk ikut serta dalam pengambilan keputusan perusahaan, seperti dalam rapat umum pemegang saham. Mereka juga memiliki hak untuk menerima bagian dari keuntungan perusahaan dalam bentuk dividen.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.